BigHistorySite.com

Peringatan: Ini adalah terjemahan otomatis oleh mesin. Mungkin ada ketidakakuratan atau kelalaian.

kembali ke: halaman utama

 

Apa yang bisa dipelajari dari Big (dan Dunia) History?

William McGaughey

(1) Buku, Sejarah Keberadaan Tiga, adalah bekerja di bidang "Big History". Big Sejarah menggabungkan "Big" dengan "History". Sejarah, sebagai lawan ilmu, bercerita tentang bagaimana sesuatu berkembang dari waktu ke waktu untuk menjadi apa yang saat ini. Oleh karena itu Big Sejarah adalah kisah penciptaan. Dalam kasus ini, itu adalah kisah penciptaan berdasarkan pengetahuan ilmiah karena selama ini diketahui dan dipahami. Ini adalah apa yang Aristoteles disebut "penyebab efisien" alam semesta. Cerita ini atau "penyebab" tidak hanya termasuk satu peristiwa melainkan serangkaian mereka yang menjelaskan bagaimana situasi sekarang datang untuk menjadi. "Big", di sisi lain, menunjukkan ukuran atau batas dalam ruang dan waktu. Big Sejarah termasuk peristiwa yang terjadi di semua ruang dan waktu di alam semesta, antara "big bang" dan saat ini.

(2) Sejarawan besar adalah lebih seperti seorang seniman dari ilmuwan karena ia menciptakan desain cerita. Pengetahuan ilmiah adalah sama untuk semua tapi desain cerita bisa berbeda hanya seniman yang berbeda melukis gambar-gambar yang berbeda dari pemandangan umum. Dengan kata lain, bisa ada lebih dari satu bercerita bagaimana sesuatu datang untuk menjadi. Kita bisa merenungkan pertanyaan: Apakah desain terbaik? Apa cara terbaik untuk menceritakan kisah tentang bagaimana situasi kita sekarang datang untuk menjadi?

(3) Ketika kita berbicara tentang "situasi sekarang" kami, kita berbicara tentang campuran beberapa jenis menjadi. Dunia kita pengalaman pribadi tidak hanya melibatkan atom dan molekul berinteraksi dengan berbagai cara, tetapi juga berbagai bentuk kehidupan dan ekspresi dari pemikiran manusia. The "tiga keberadaan" meliputi materi, hidup, dan berpikir. Bagaimana seharusnya kisah semua eksistensi dengan cara seperti ini akan diselenggarakan dalam satu paket cerita??

(4) Setiap jenis makhluk - materi, hidup, dan berpikir - memiliki awal. Untuk materi, itu adalah "big bang". Untuk hidup, ada beberapa teori tentang bagaimana makhluk berbasis DNA ini berasal dari dunia bahan kimia anorganik. Untuk pikiran, kapasitas kognitif otak manusia berkembang bersama dengan perkembangan dari spesies itu sendiri; awalnya tidak tercatat. Khususnya, kehidupan dan pemikiran muncul hanya di bumi sementara materi meliputi seluruh alam semesta.

(5) Kisah tentang bagaimana materi dan kehidupan yang dikembangkan cukup jelas. Tetapi berpikir? Bagaimana seharusnya ceritanya diatur? Meskipun pikiran terjadi dalam otak manusia individu, kita benar-benar berbicara tentang kesadaran kolektif manusia dan pembentukan pengetahuan. Cerita ini tidak dapat dipisahkan dari peristiwa yang terjadi dalam masyarakat manusia. Sebuah titik awal yang baik, maka, mungkin untuk menggambarkan betapa manusia masyarakat maju. Setelah itu, kita bisa mencoba untuk melihat bagaimana pikiran terpancar dari struktur itu. Kita mungkin mencoba untuk membangun sejarah ide-ide. Saya juga berpikir bahwa penemuan dan pengembangan teknologi komunikasi membantu menjelaskan bagaimana berpikir dalam bentuk yang sekarang datang untuk menjadi. Perkembangan teknologi seperti dari waktu ke waktu membantu mengatur Big Sejarah di era pemikiran manusia.

(6) Big Sejarah tidak akan memberikan mahasiswanya informasi lebih lanjut tentang orang-orang tertentu atau peristiwa dalam sejarah, melainkan menyajikan "gambaran besar" alam semesta berkembang kami. Sejarah Seperti memberikan konteks untuk semua sejarah yang lebih kecil yang mahasiswa sejarah terbiasa menerima.

(7) Mengingat sejarah pada berbagai skala besarnya, kita dapat membayangkan membangun "piramida sejarah" sebagai bentuk terorganisir pengetahuan. Dengan kata lain, sejarah dapat ditulis di beberapa tingkat detail. Ada dapat menjadi buku 100 halaman dari Big Sejarah menceritakan kisah secara umum, dan buku 5.000-halaman yang meliputi daerah masing-masing lebih detail. Di sini kita harus mempertimbangkan waktu yang orang harus belajar sejarah. Kita harus mempertimbangkan bagaimana proses menerima pengetahuan sejarah cocok dengan kehidupan masyarakat. Berapa banyak waktu yang mereka miliki untuk jenis pengejaran dan bagaimana hal itu dapat berguna bagi mereka? Lebih banyak orang dapat menikmati versi pendek dari Big Sejarah dari yang lama karena waktu yang panjang untuk mempelajarinya.

(8) Kebanyakan cerita memiliki awal dan akhir. Pada awal dari Big Sejarah telah kita bahas. Bagaimana akhirnya? Karena acara ini akan terjadi di masa depan, kita tidak memiliki pengetahuan langsung tentang hal itu. Kami hanya dapat proyek peristiwa masa depan dari tren saat ini. Dalam hal ini, Big Sejarah berbeda dari sejarah dunia yang menceritakan jatuh bangunnya peradaban. Mengetahui pola mereka siklus hidup, kita dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari sejarah peradaban masa lalu untuk satu kita sekarang. Namun, Big Sejarah tidak memiliki preseden. Kami hanya proyeksi dari tren saat ini.

(9) Sejarah keberadaan tiga memberikan perspektif yang menarik pada kematian. Untuk hidup, melestarikan spesies adalah hal yang penting. Untuk individu manusia, juga penting untuk menjaga pikiran. Apa yang kita takuti adalah hilangnya kesadaran pribadi kita atau kumpulan pikiran ketika kita mati dan dimakamkan di bumi. Sehubungan dengan kesadaran orang lain dari kita, ini sebagian dapat diatasi dengan tulisan-tulisan yang kita tinggalkan. Mati Shakespeare masih hidup dalam puisi dan karya dramatis. Sehubungan dengan kehidupan, keberadaan kita terus genetik keturunan kita mungkin memiliki. Tapi hidup dan pikiran tidak dapat melanjutkan bersama-sama kecuali tergabung dalam mesin cerdas. Materi, di sisi lain, terus tanpa batas. Atom dalam tubuh seseorang mati yang disusun kembali dalam struktur lain setelah kehidupan telah berakhir.

(10) Sama seperti kematian adalah pengalaman manusia yang umum, sehingga Big Sejarah dapat menjadi kekuatan pemersatu dalam masyarakat manusia karena kita semua adalah bagian dari cerita yang sama. Bahkan, disiplin ini dengan cepat menyebar ke sekolah-sekolah di seluruh dunia.

Catatan terakhir: Pengamatan ini pikiran tentang Big Sejarah, bukan Big Sejarah itu sendiri. Untuk itu dibutuhkan sebuah cerita. Cerita tersebut disajikan dalam buku ini, Sejarah Keberadaan Tiga, serta sejumlah buku lainnya.

 

***** *** ***** *** ***** *** *****

Apa yang bisa dipelajari dari sejarah dunia?

(Catatan: Diskusi ini didasarkan pada skema sejarah dunia dalam buku Lima zaman Peradaban.)

alat dan mesin

Pengetahuan dianggap dunia dimensi lembut. Pemikiran ada di koleksi ekspresi tertulis dan gambar sensual. Namun, pikir juga memiliki dimensi eksternal atau fisik. Saya mengacu pada alat dan mesin. Manusia primitif, diberkahi dengan ibu jari saling berlawanan, digunakan alat-alat batu untuk membunuh permainan liar, menyiapkan makanan, dan memotong kayu atau hewan menyembunyikan. Alat-alat ini adalah perpanjangan dari sumbangan tubuhnya.

Meskipun manusia memiliki kuku dan gigi, pisau batu bisa dipotong menjadi daging hewan atau serat tanaman lebih mudah daripada yang mereka bisa. Lebih dari hewan lain, manusia hidup dengan bantuan alat.

Dengan peradaban pertama kali datang jenis baru alat. Proyek-proyek irigasi besar Sumer diperlukan lebih dari kerja fisik belaka. Piramida besar dari Mesir yang dibutuhkan alat untuk memotong lempengan besar batu dari tambang, mengangkut mereka melalui jarak yang besar, dan mengangkat mereka ke tempatnya. Bangsa Romawi menggunakan kekuatan air untuk menghancurkan bijih, kayu dipotong, dan proses biji-bijian. Dayung dan layar bertenaga perahu bepergian atas air.

Alat adalah hibrida materi dan pemikiran. Pemikiran ini tercermin dalam desain sebuah objek fisik dibuat untuk penggunaan tertentu. Sebagai materi, objek ini ada di dunia fisik. Hal ini menyebabkan hal-hal tertentu terjadi ketika digunakan oleh manusia.

Dengan Renaissance, alat pembuatan maju ke tingkat baru kecanggihan. Usia mesin mulai. Menurut Arnold Toynbee, mesin berbeda dari alat dalam operasinya tidak hanya memperpanjang gerakan tubuh manusia. Melainkan "mengurangi Man dari melakukan salah satu fisik bekerja sendiri." Leonardo da Vinci, pelukis Renaisans besar, juga seorang penemu produktif mesin.

Selain mencetak, tiga mesin yang paling penting untuk mencapai dominasi Barat di abad 15 dan 16 adalah kapal Portugis berlayar, kompas, dan senapan yang digunakan mesiu mengalahkan orang-orang non-Eropa. Kapal berlayar baru diwakili upgrade teknologi kapal bertenaga angin lama digunakan di dunia barat. Alkemis Cina menemukan bubuk mesiu. Kompas, finder arah, pertama kali digunakan untuk tujuan ramalan.

Apa yang kita sebut "Revolusi Industri" berlangsung pada paruh kedua abad ke-18. James Watt diperbaiki desain Thomas Newcomen sebelumnya dari mesin bertenaga uap. Awalnya mesin tersebut digunakan untuk memompa air keluar dari tambang. Tak lama, namun, mesin uap bertenaga mesin yang menenun kain di pabrik tekstil. Pada awal abad ke-19, kapal bertenaga uap mulai menggantikan kapal layar. Lokomotif uap bertenaga menarik kereta dengan barang atau penumpang mobil di seluruh negeri.

Selain itu, mesin yang sedang dibangun dengan bagian-bagian saling dipertukarkan, dipotong untuk presisi besar. Mereka menjadi lebih efisien dengan mengulangi operasi tertentu untuk menghasilkan jumlah besar dari produk. Selain logam, mesin sedang terbuat dari plastik. Mekanisme kontrol mengatur diri sendiri, dilengkapi dengan perangkat penginderaan, memungkinkan mereka untuk berfungsi dengan pengawasan manusia minimal. Kemudian datang komputer elektronik mampu terlibat dalam jangkauan yang lebih luas dari fungsi cerdas. Secara bersama-sama, mesin yang mulai menggantikan manusia dalam proses produksi.

Ini dianggap dilakukan langkah lebih lanjut. Tidak lagi melakukan pengrajin manusia, bekerja dengan alat, harus berpikir apa yang dia lakukan saat Penciptaan objek. Sebaliknya, seorang insinyur mesin yang dirancang untuk mengasumsikan fungsi pengrajin. Mesin ini memiliki baik kehadiran fisik dan tubuh pengetahuan teknis di balik itu.

Oleh karena itu, saya akan mengatakan bahwa cerita sejarah di tahun setidaknya yang terakhir ribu bisa dikatakan dalam hal meningkatkan ketergantungan pada mesin. Ketika peradaban dimulai, manusia tinggal lebih dekat ke keadaan alam. Hari ini, bumi telah secara substansial diubah oleh pemikiran manusia. Pengalaman duniawi kita sedang dibentuk dalam segala hal oleh perangkat buatan. Mesin tidak terkait dengan pengalaman manusia tetapi sangat perwujudan kemajuan.

irama pengetahuan

Kisah bagaimana ini datang untuk menjadi berjalan melalui sejarah konvensional. Untuk mesin untuk mengambil terus dalam budaya manusia, kita harus menjauh dari filsafat dan agama lazim berpikir di abad pertengahan. Kecerdasan manusia harus diarahkan terhadap alam. Dan kemudian, semangat komersial zaman berubah menjadi ilmu teknologi yang bisa memproduksi barang lebih efisien untuk mendapatkan uang. Pendidikan menyiapkan orang untuk melayani lembaga berduit masyarakat.

Satu merasakan bahwa pertama dua zaman sejarah dunia memiliki banyak kesamaan. Jadi melakukan zaman ketiga dan keempat. The zaman pertama dan kedua peradaban sekitar individu dan kelompok individu mengejar pengetahuan dan kekuasaan. Sebuah juru manusia menghasilkan teks tertulis. Di zaman ketiga dan keempat peradaban, mesin mengambil alih beberapa fungsi-fungsi. Mesin cetak "menulis" teks untuk orang-orang untuk membaca. Jenis lain dari mesin menangani transportasi dan produksi barang-barang jauh lebih efisien daripada sebelumnya. Perang mekanik berhenti menjadi heroik, tetapi hanya brutal.

Di sisi lain, kekuatan yang diproyeksikan melalui kekuatan dan ketakutan dalam dua pertama zaman sekarang harus dilakukan melalui persuasi. Tentara kekaisaran membunuh jalan mereka untuk ketaatan. Lembaga keagamaan dikuasai oleh rasa takut ekskomunikasi dan neraka. Sebaliknya, bisnis saat ini tidak bisa sukses kecuali mereka dapat membujuk orang untuk membeli produk mereka. Pejabat terpilih harus membujuk orang untuk memilih mereka; mereka tidak mewarisi posisi mereka melalui kelahiran. Bisnis dan politik para pemimpin saat ini tahu bagaimana menjual publik pada apa yang mereka tawarkan.

Dalam setiap pasangan zaman, ada yang progresif dan fase resesif terhadap produksi pengetahuan. Peradaban pertama mencapai prestasi teknologi yang mengesankan - misalnya, piramida besar dari Mesir, tembok besar Cina. Ada perpustakaan kerajaan atau kekaisaran mana teks pengetahuan sarat disimpan. Peradaban kedua, berpusat pada agama, mengubah arah pemikiran. Pikiran bertanya sekarang meneliti teks-teks suci. Ilmu alam menjadi kurang penting karena orang yang menggantikan in- difokuskan pada dirawat di surga. Pada saat yang sama, agama membuat masyarakat manusia lebih manusiawi.

Di zaman ketiga dan keempat peradaban, ada lagi fase progresif dan resesif. Peradaban ketiga kembali produksi pengetahuan tentang dunia fisik. Ilmu alam berkembang di abad ke-17 Eropa. Pada akhir abad ke-18 datang Revolusi Industri. Pendidikan Sementara berkembang sebagai lembaga yang akan mengirim dan menciptakan pengetahuan. Peradaban keempat berikutnya, berpusat pada hiburan, dialihkan ke kegiatan kurang serius. Ini memanusiakan budaya sebelumnya pendidikan dan bisnis. Model menarik kepribadian menjadi penting.

 dikotomi hidup dan alat-alat

Melihat ke masa depan, kita dapat meramalkan hubungan lebih dekat antara manusia dan mesin. Jika mesin berpikir (komputer) yang dibawa ke tingkat tertentu kecerdasan, pikiran kita bisa melampaui artifisial. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, komputer dapat memperoleh kecerdasan buatan skala penuh. Mungkin juga ada mesin dengan ekstensi fisik seperti tubuh manusia. Jika robot yang pernah naik ke tingkat kehidupan, bab berikutnya dari sejarah bisa menjadi cukup hati.

Oleh karena itu kita memiliki dikotomi antara manusia dan alat-alatnya, yang menjadi proyeksi DNA dan lainnya lainnya perpanjangan pemikirannya. DNA berubah selama ribuan atau jutaan tahun. Alat berubah dari waktu yang jauh lebih singkat dalam sejarah manusia. Itu karena pikiran berkembang lebih cepat daripada kehidupan.

Akan kembali miliaran tahun, seseorang melihat awal samar dikotomi ini. Berbeda dengan masalah, yang tidak mengganggu hal-hal lain, hidup bertindak atas benda-benda luar di lingkungannya untuk hidup.

Bakteri primitif "belajar" untuk mengekstrak energi dari hidrogen sulfida oleh mencongkel atom hidrogen longgar dan sekering dengan karbon dioksida untuk membentuk karbohidrat. Tanaman "belajar" untuk memecah karbon dioksida ke bawah melalui fotosintesis, melepaskan oksigen ke udara. Hewan "belajar" untuk makan tanaman. Karnivora "belajar" untuk makan hewan lain. Meskipun seperti "belajar" mungkin tidak maju ke tingkat pemikiran, harus ada benda lain di sekitar yang memungkinkan makhluk hidup untuk menjadi apa yang mereka.

Proses berpikir dimulai dengan hewan, dan pemikiran nyata (seperti yang kita percaya untuk menjadi) dimulai dengan manusia. Namun, manusia juga binatang yang perlu membunuh hewan dan tanaman lain untuk hidup. Dalam kapasitasnya sebagai makhluk berpikir, manusia mengubah jalannya alam melalui pertanian dan domestikasi hewan. Pemikiran manusia yang memutuskan benih akan dipertahankan untuk tanaman tahun depan atau binatang liar yang akan selektif dibesarkan. Salah satu spesies memiliki kontrol lain. Hidup demikian menjadi berpikir ini bahan baku.

Dengan alat dan mesin, berpikir bertindak atas benda mati. Batu yang terkelupas dan senyawa logam yang dibuat untuk menghasilkan logam yang dapat dipanaskan dan dibentuk menjadi berbagai bentuk. Mesin-mesin yang lebih rumit adalah produk dari pengetahuan ilmiah. Namun, mereka juga dibangun dari materi. Dengan pria mengendalikan penciptaan dan penggunaannya, mereka tidak peduli murni tetapi memiliki komponen besar pemikiran dalam diri mereka. Dan itulah cara dunia kita dipimpin, sekarang dan di masa mendatang.

Mungkin terlalu dini untuk mengatakan apa yang akan datang sebagai teknologi komputer dewasa. Satu memiliki rasa takut eksistensial. Usia atom, mengancam untuk menghancurkan umat manusia, dimulai sekitar waktu yang sama seperti komputer elektronik. Populasi manusia berada pada jalur tabrakan dengan sumber daya bumi terbatas. Ray Kurzweil dan lain-lain menunjukkan bahwa manusia dan mesin akan menggabungkan untuk membuat spesies cyborg. Mesin robot dapat menjadi unggul orangtua manusia mereka. Dalam kedua kasus, perubahan besar yang di toko untuk kita sebagai suatu spesies; dan itu bisa menjadi tidak menyenangkan.

Kami telah belajar dari sejarah bahwa tidak ada tren terus selamanya; Peristiwa menuju arah tertentu cenderung membalikkan diri dari waktu ke waktu. Sejarah universal tidak memiliki hasil tertentu yang dapat kita ketahui melalui teknik yang kompeten dari prediksi. Tapi kita bisa melihat peradaban sebelumnya atau membentang dari sejarah untuk memperoleh rasa di mana kita akan pergi. Untuk bab terakhir, tidak ada preseden seperti itu.

 

to: tentang buku --- kembali ke: halaman utama --- ke: sudah saatnya

 

Klik untuk terjemahan menjadi:

Inggris - Perancis - Spanyol - Jerman - Portugis - Italia  

disederhanakan Cina - Turki - Polandia - Belanda - Rusia    

 

CHAK CIPTA 2015 PUBLIKASI THISTLEROSE - ALL RIGHTS RESERVED
http://www.bighistorysite.com/BHlearningh.html